Selasa, 25 Jun 2013

Punca Jerebu : Ini 8 Syarikat Malaysia Di Indonesia Yang Didakwa Turut Terbabit


Kerajaan Indonesia mendakwa mengenalpasti 8 syarikat asing milik Malaysia yang kedapatan bukti melakukan pembakaran terbuka di tanah konsesi perladangan mereka di Riau. Ini didakwa turut menjadi punca kemerosotan kuali udara di Malaysia dan Singapura. Presiden Indonesia mengarahkan siasatan lanjut. Syarikat-syarikat tersebut ialah :


  • PT Langgam Inti Hiberida
  • PT Bumi Rakksa Sejati
  • PT Tunggal Mitra Plantation
  • PT Udaya Loh Dinawi
  • PT Adei Plantation
  • PT Jatim Jaya Perkasa
  • PT Multi Gambut Industri
  • PT Mustika Agro Lestari


Senin, 24/06/2013 20:47 WIB
Tragedi Kabut Asap, SBY Sindir Pejabat yang 'Panaskan' Suasana
Mega Putra Ratya - detikNews

Jakarta - Presiden SBY menyindir para pejabat negara yang mengeluarkan pernyataan 'panas' terkait hubungan Indonesia dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura soal kabut asap. Presiden SBY melarang para pejabat untuk mengeluarkan pernyataan yang tidak akurat.

"Ada satu hal yang ingin saya sampaikan, dari apa yang saya pantau setiap hari ada pernyataan dari sejumlah pejabat yang menurut saya tidak semestinya disampaikan seperti itu. Di samping belum tentu sama satu sama lain, bisa juga belum dicek kebenarannya, ketika diungkapkan jadi persoalan," ungkap Presiden SBY dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta, Senin (24/6/2013).

Menurut SBY, hal itu memicu pejabat Malaysia dan Singapura untuk menanggapi masalah kebakaran tersebut. Sebab, pernyataan para pejabat itu berbeda antara pejabat satu dan lainnya.

"Jajaran pemerintah Indonesia, saya instruksikan untuk tidak memberikan statemen yang tidak semestinya. Kalau ada perusahaan lalai, apakah itu perusahaan Indonesia, apalagi menyebut namanya jelas tidak diperlukan seperti itu, sama halnya menyebutkan perusahaan asing yang dimiliki tetangga kita, itu juga tidak diperlukan," tegasnya.

Yang terpenting saat ini, lanjut SBY, adalah upaya untuk mengatasi bencana asap dan kebakaran tersebut. SBY menginstruksikan tim yang dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera menyelesaikan kebakaran tersebut.

Sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup Baltasar Kambuaya menyebut adanya indikasi 8 perusahaan Malaysia melakukan pembakaran lahan di Riau. Jika sudah cukup bukti, kedelapan perusahaan itu akan diajukan ke pengadilan.

"Di area konsesi mereka ditemukan kebakaran. Ini yang akan kita selidiki lebih lanjut. Tim penyidik kita masih berada di lokasi saat ini untuk melakukan investigasi lebih lanjut," kata Menteri LH Balthasar Kambuaya dalam jumpa pers di Lanud Pekanbaru, Sabtu (22/6/2013).

Balthasar menjelaskan 8 perusahaan itu adalah PT Langgam Inti Hiberida, PT Bumi Rakksa Sejati, PT Tunggal Mitra Plantation, PT Udaya Loh Dinawi, PT Adei Plantation, PT Jatim Jaya Perkasa, PT Multi Gambut Industri, dan PT Mustika Agro Lestari.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan